Contoh BAB 1

Pembuatan Situs ProfilSekolah Menengah Pertama Negeri 233

Dengan Menggunakan Adobe Dreamweaver CS3 Dan PHP

 

Latar Belakang Masalah

Perkembangan teknologi komputer yang semakin modern, cepat dan praktis sangat mempengaruhi kehidupan masyarakat luas. Kecepatan informasi yang biasanya memerlukan waktu lama, kini hanya dalam hitungan detik informasi tersebut dapat kita peroleh sangat cepat. Dengan adanya kebutuhan informasi yang tak terbatas dan juga didukung oleh kemampuan komputer yang semakin canggih maka  terciptalah pengetahuan yang disebut Situs websiteyang dapat dioperasikan menggukan suatu jaringan dengan nama internet.

Internet  dapat menyatukan dunia, tekhnologi yang menghilangkan batas  jarak, waktu, dan  Negara. Menjadi sebuah tekhnologi canggih yang sangat menjanjikan dalam segala bidang.

Sekolah menengah pertama negeri 233 ini adalah sekolah negeri unggulan dalam wilayah  Jakarta Timur, sekolah ini dibangun pada tahun  1982 oleh tenaga para ahli dengan tujuan terlaksanakannya proses belajar mengajar didaerah tersebut, namun permasalahan yang dimiliki sekolah menegah pertama ini adalah kurangnya media promosi yang lebih luas yang dapat diketahui oleh semua orang dalam memperkenalkan profil sekolah yang dimiliki. Jika melalui media cetak atau  media lainnya sangat terbatas sehingga informasi yang diperoleh kurang update dan biayanya pun sangatlah mahal dibandingakan dengan  website.

Agar terciptanya kerja sama yang baik antara relasi maupun rekan untuk itulah penulis menengahkan permasalahan yang ingin dapat dimanfaatkan oleh Sekolah Menegah Pertama Negeri 233 dalam hal mempromosikan dirinya melalui website. Karena adanya media promosi ini, diharapkan informasi mengenai Sekolah Menegah Pertama Negeri 233 ini dapat di akses dengan cepat dan mudah lebih efektif data yang diperoleh lebih akurat.

Dalam melakukan pembuatan website penulis menggunakan software aplikasi program Adobe Dreamweaver CS3 yang telah melakukan perubahan dari versi sebelumnya.Perubahan yang dilakukan menyangkut disain dan pengembangan pada fitur pemograman. Pada versi ini penulis akan menemukan Adobe Dreamweaver CS3 yang lebih menyatu dengan produk lainnya dari

adobe yaitu Photoshop. Sebagai bagian dari Adobe Creative Suite, maka image yang akan digunakan dalam Adobe Dreamweaver CS3 akan terhubung dengan photoshop. Dengan cara ini kita dapat mengedit secara langsung image dengan Photoshop dan menyimpan perubahannya.

Oleh karena itu, berdasarkan permasalahan yang dimiliki oleh Sekolah Menegah Pertama Negeri 233, penulis tertarik membantu dalam perancangan web design yang diberi judul : “PEMBUATAN SITUSPROFILSEKOLAH MENEGAH PPERTAMA NEGERI 233 MENGGUNAKAN ADOBE DREAMWEAVER CS3 DAN PHP”.

Batasan Masalah

Dalam penulisan ilmiah ini, penulis hanya membatasi pada pembuatansitusprofilSekolah Menengah Pertama Negeri 233 yang dapat di akses oleh rekan serta setiap orang yang membutuhkan data tentang Profil Sekolah Menengah Pertama Negeri 233 kapan saja dan  dimana  saja secara online. Penulis juga menyediakan informasi seputar sekolah, galeri foto yang berhubungan dengan sekolah dan form buku tamu agar dapat mengeluarkan komentar dari setiap pengunjung yang ingin memberikan saran dan kritiknya.

 

Tujuan Penulisan

Tujuan dari penulisan ilmiah ini adalah membuat sebuah website tentang informasi dan berita sekolah menengah pertama negeri 233 yang diharapkan dapat  membantu masyarakat dalam mencari informasi tentang sekolah menengah pertama negeri 233 dengan mudah.

 

 Metode Penelitian

            Untuk menyelesaikan Penulisan Ilmiah ini penulis melakukan langkah sebagai berikut :

1. Pengumpulan Data

a)      Metode Observasi

Melalui metode ini yang penulis lakukanialah mengadakan pengamatan langsung pada bagian pengolahan  data untuk mendapatkan data yang benar.

b)      Metode Wawancara

Metode yang dilakukan ialah wawancara langsung dengan pimpinan, bagian administrasi dan keuangan serta beberapap staff pengajar yang berhubungan dengan Penulisan Ilmiahini, serta teman – teman penulis yang lebih berpengalaman.

2. Merancang Struktur Navigasi

Membuat dan menentukan struktur navigasi yang cocok untuk situs ini

3. Perancangan Situs

Membuat rancangan situs sesuai kebutuhan yang diinginkan sekolah menengah pertama negeri 233

4. Coding

Pada tahap ini, penulis melakukan pengcodingan untuk membuat situs profil sekolah dengan menggunakan php dengan database Mysql.

  1. Pengujian

Pengujian beberapa kali dengan localhost

 

DAFTAR PUSTAKA

 

(1)   Betha dan Iskandar Pohan, Husni. 2001. Pemrograman Web dengan HTML.

Informatika : Bandung

(2)   Sukarno, Mohammad. 2006. Membangun Website Dinamis dan Interaktif

Dengan PHP_MySQL. Eska Media Press

(3)   www.oke.or.id/blog/2009/08/08/macam-macam-struktur-navigasi/ diakses tanggal : 1 Februari 2014

(4)   http://kuliah.imadewira.com/definisi-internet-dan-sejarah-internet/ diakses tanggal : 1 Februari 2014

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s