Analisa mengenai lingkup sistem informasi

Penyerangan terhadap jaringan internet KPU

 

Jaringan internet di Pusat Tabulasi Nasional Komisi Pemilihan Umum  sempatdown (terganggu) beberapa kali. KPU menggandeng kepolisian untuk mengatasi hal tersebut. “Cybercrime kepolisian juga sudah membantu. Domain kerjasamanya antara KPU dengan kepolisian”, kata Ketua Tim Teknologi Informasi KPU, Husni Fahmi di Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng , Jakarta Pusat (15 April 2009). Menurut Husni, tim kepolisian pun sudah mendatangi Pusat Tabulasi Nasional KPU di Hotel Brobudur, Jakarta Pusat. Mereka akan mengusut adanya dugaan kriminal dalam kasus kejahatan dunia maya dengan cara meretas. “Kami sudah melaporkan semuanya ke KPU.Cybercrime sudah datang,” ujarnya. Sebelumnya, Husni menyebut sejak tiga hari dibuka, Pusat Tabulasi berkali-kali diserang oleh  peretas.”Sejak hari lalu dimulainya perhitungan tabulasi, sampai hari ini kalau dihitung-hitung, sudah lebuh dari 20 serangan”, kata Husni, Minggu(12/4).

Analisanya : Kasus di atas memiliki modus untuk mengacaukan proses pemilihan suara di KPK.Motif kejahatan ini termasuk ke dalam cybercrime sebagai tindakan murni kejahatan. Hal ini dikarenakan para penyerang dengan sengaja untuk melakukan pengacauan pada tampilan halaman tabulasi nasional hasil dari Pemilu. Kejahatan kasus cybercrime ini dapat termasuk jenis data forgeryhacking-crackingsabotage and extortion, atau cyber terorism. Sasaran dari kasus kejahatan ini adalah cybercrime menyerang pemerintah (against government) atau bisa juga cybercrime menyerang hak milik (against property).

Solusinya : Kriptografi dengan cara data yang dikirimkan disandikan terlebih dahulu sebelum dikirim melalui internet, Internet Firewall untuk mencegah akses dari pihak luar ke sistem internal. Menutup service yang tidak digunakan, Melakukan back up secara rutin.

Keputusan perbaikannya: Lembaga ini menggunakan lembaga pendukung khusus untuk memberikan informasi tentang cybercrime, melakukan sosialisasi secara intensif kepada masyarakat, serta melakukan riset-riset khusus dalam penanggulangan cybercrime.

 

 

ARSIP NASIONAL REPUBLIK INDONESIA

Di Arsip Nasional Republik Indonesia memiliki ratusan staf dan karyawan yang bertugas untuk membantu memelihara arsip di Instansi tersebut. Banyak sekali karyawan yang ingin mendapat dan memperbaharui informasi dengan cepat dan akurat karena mereka rata-rata memiliki pekerjaan atau keperluan  yang harus segera diselesaikan dengan segera. Maka dari itu, sangat diperlukan aplikasi-aplikasi yang mudah digunakan dimana saja dan kapan saja sehingga mereka bisa dengan cepat dan akurat mendapatkan atau memperbaharui informasi yang mereka butuhkan. Mereka tidak perlu menulis form izin cuti dan menyerahkannya kepada pihak kepegawaian untuk mendapatkan izin cuti. Itu sangat membuang-buang waktu dan tentu tidak efisien.

Analisanya : Karyawan di ARSIP NASIONAL REPUBLIK INDONESIA memiliki pekerjaan atau keperluan yang harus segera diselesaikan, tetapi mereka ingin mendapat dan memperbaharui informasi dengan cepat dan akurat.

Solusinya : Salah satunya dengan aplikasi mobile yang dapat mengupdate semua informassi yang dibutuhkan. Yang bertujuan, agar semua karyawan dapat dengan mudah mendapatkan informasi yang dibutuhkan dengan cepat.

Keputusan Perbaikan : membuat aplikasi Informasi Absensi Pegawai. Aplikasi ini dibuat dengan tujuan agar pegawai mudah untuk memperbaharui atau dapat dengan mudah melihat sisa cuti mereka, karena di aplikasi ini memiliki informasi langsung tentang histori absensi mereka dan dapat langsung Requestcuti lewat aplikasi ini.

 

 

Pencurian dan penggunaan account Internet milik orang lain

Salah satu kesulitan dari sebuah ISP (Internet Service Provider) adalah adanya account pelanggan mereka yang “dicuri” dan digunakan secara tidak sah. Berbeda dengan pencurian yang dilakukan secara fisik, “pencurian” account cukup menangkap “userid” dan “password” saja. Hanya informasi yang dicuri. Sementara itu orang yang kecurian tidak merasakan hilangnya “benda” yang dicuri. Pencurian baru terasa efeknya jika informasi ini digunakan oleh yang tidak berhak. Akibat dari pencurian ini, penggunan dibebani biaya penggunaan acocunt tersebut. Kasus ini banyak terjadi di ISP. Namun yang pernah diangkat adalah penggunaan account curian oleh dua Warnet di Bandung

Analisanya : Seorang yang tidak bertanggung jawab menggunakan account orang lain dengan cara menangkap userid dan password untuk mencuri sebuah informasi yang diinginkan, pemilik account merasa dirugikan  karena dibebani biaya penggunaan acoount dan informasi yang digunakan oleh orang yang tidak berhak.

Solusinya : Dengan cara penggunaan enkripsi untuk meningkatkan keamanan dan  Penggunaan Firewall

Keputusan Perbaikan : menggunakan enkripsi dengan mengubah data-data yang dikirimkan sehingga tidak mudah disadap (plaintext diubah menjadi chipertext). Untuk meningkatkan keamanan authentication (pengunaan user_id danpassword), penggunaan enkripsi dilakukan pada tingkat socket. Hal ini akan membuat orang tidak bias menyadap data atau transaksi yang dikirimkan dari/ke server WWW dan Tujuan utama dari firewall adalah untuk menjaga agar akses dari orang tidak berwenang tidak dapat dilakukan.

 

 

SMA JAK-UT

Dalam wilayah Jakarta Utara memiliki 18 SMA Negeri dan 65 SMA Swasta, Banyaknya jumlah SMA negeri ataupun swasta yang berada diwilayah Jakarta Utara yang tersebar di setiap kecamatan dan kelurahan tentunya menjadi banyak pilihan yang ditawarkan kepada peserta didik yang ingin melanjutkan jenjang pendidikan ke SMA, jarak dari suatu SMA ke SMA yang lainnya merupakan suatu permasalahan, bila peserta didik ingin mencari informasi sekolah tersebut peserta didik harus mendatangi sekolah tersebut yang jauh, ini merupakan sebuah masalah bagi peserta didik untuk mencari informasi sekolah yang terbaik untuknya. oleh karena itu dibutuhkan sebuah sistem informasi yang mampu memberikan informasi yang mampu memberikan informasi mengenai keberadaan SMA beserta informasi-informasi penting lainnya.

 

 

SMPN 233

Permasalahan yang ada pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 233 adalah kurangnya media promosi yang lebih luas untuk dapat dilihat oleh banyak orang dalam memperkenalkan Profil Sekolah Menengah Pertama Negeri 233, yang harus dilakukan ialah bagaimana cara memperkenalkan sekolah tersebut untuk masyarakat agar lebih mengetahui profil dari sekolah menengah pertama negeri 233, oleh karena itu dibutuhkan suatu website yang dapat memberikan seluruh informasi-informasi penting untuk masyarakat mengenai sekolah menengah pertama negeri 233 ini, agar masyarakat dapat mengetahui profil sekolah ini lewat internet dengan cepat dan efisien dimanapun masyarkat ingin mengaksesnya.

 

 

Lowongan Kerja

Informasi di sekarang ini merupakan informasi yang sangat cepat, semua manusia mengharapkan informasi yang cepat dan efisien, untuk pencari lowongan pekerjaan, informasi tentang lowongan pekerjaan baru sangat penting untuk mereka yang ingin mencari pekerjaan, pada saat ini pekerjaan sangat susah untuk didapatkan karena persaingan yang sangat ketat. Oleh sebab itu dibutuhkan website sebagai server sebagai penyedia informasi-informasi mengenai lowongan pekerjaan terbaru yang dapat diakses ditelepon seluler sebagai client, yang dapat memudahkan para pencari lowongan pekerjaan tersebut.

 

 

Klinik

 

banyak orang yang datang keklinik untuk berobat, mengecek kesehatan dan menjenguk orang yang sedang sakit, didalam klinik juga terdapat jadwal pelayanan dokter spesialis yang dapat diketahui hari dan jamnya.  Diklinik terdapat pelayanan 24 jam namun ada pula klinik yang tidak melayani pasien dalam 24 jam. Dalam permasalahan ini maka diharapkan dapat membuat aplikasi pemetaan klinik yang diharapkan dapat berfungsi untuk pasien sebagai informasi letak klinik yang melayani 24 jam dan dokter spesialis yang pasien butuhkan.  Aplikasi ini dapat dibuat menggunakan eclipse

 

 

Museum

Museum termasuk salah satu dari berbagai banyak pilihan yang menjadi tempat tujuan wisata. Selain sebagai tempat rekreasi, museum juga dapat menjadi tujuan study tour bagi anak – anak sekolah dalam mendapatkan ilmu pengetahuan didalam museum tersebut. Akan tetapi semakin lama museum semakin tidak diminati untuk dikunjungi karena semakain banyaknya gedung – gedung tinggi, lokasi museum pun menjadi sulit ditemukan bahkan mungkin terlupakan. Dengan adanya perkembangan internet semua menjadi cepat dan mudah, dengan melihat kenyataannya maka dengan membuat aplikasi android yang  berbasiskan gps melalui handphone yang telah terhubung internet pengguna dapat melihat seluruh lokasi museum tersebut.

 

 

Tsunami

Tsunami termasuk salah satu bencana alam yang sangat merugikan masyarakat, khususnya untuk masyarakat yang tempat tinggalnya dekat dengan laut, apabila bencana ini tidak diantisipasi dapat menimbulkan korban jiwa dan kerugian material, oleh karena itu sebuah sistem peringatan trunami (Tsunami Warning System/TWS) merupakan serangkaian alat pendeteksi tsunami dan infrastruktur untuk memungkinkan evaluasi dari daerah pantai. Sistem ini sangat bermanfaat untuk masyarakat yang tinggal didekat laut yang terancam nyawanya.

 

Bandwith

disebuah kantor terdapat 50 komputer yang telah terhubung internet dengan jaringan LAN, saat sedang asyik mengerjakan tugas tiba – tiba komputer lemot,  ada banyak kemungkinan salah satunya adalah bandwith yang kita gunakan belum diatur. mungkin kita dapat menggunakan aplikasi netlimitter, syaratnya harus diinstal pada komputer server dan client, pada aplikasi ini merupakan pembagi bandwith yang baik dibandingkan dengan aplikasi lainnya. Dengan menggunakan netlimitter ini kita dapat memonitor semua proses yang berjalan di komputer dan mengontrol lau-lintas bandwith yang dimonitor.

 

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s